Kumpulan Doa dan Dzikir Setelah Sholat Fardhu [Mustajab]

Advertisement
Advertisement
Shalat fardhu merupakan sebuah perkara yang wajib dilakukan bagi semua umat muslim yang sudah memasuki akil baligh, dalam satu hari sholat wajib dilaksanakan pada lima waktu yakni subuh, dzuhur, ashar, magrib dan isya. Apabila anda sudah melaksanakan sholat fardhu hendaklah anda meminta, berdoa dan berdzikir kepada alloh swt karena alloh menganjurkan kepada semua umat muslim untuk berdoa dan berzikir kalau sudah mengerjakan sholat fardhu, alloh swt sangat membenci orang yang tidak pernah berdoa dan berdzikir kepadanya, maka dari itu saya sarakan untuk berdoa dan berdikir kepadanya.


Dalam surat quran berbunyi :
"Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman" (Q.S. Al Ahzab, 33 : 42-43)

Berikut ini adalah beberapa kumpulan doa wirid dan dzikir ketika sudah melakukan sholat fardu yang bisa anda gunakan.

1. Istighfar 3 X
2. Dzikir dengan membaca :
Tulisan Arab
اللهم أنت السـلام ومنك السلام تباركت يا ذاالجلال ولإكرام
Tulisan Latin
alloohumma antassalaam waminkassalaam tabaarokta yaa dzaljalaali wal ikroom
Artinya:
“Ya Allah, Engkaulah Salam, dan daripada-Mu kesejahteraan, serta Maha Besar kebaikan-Mu, ya Allah yang mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan.” (H.R. Jamaah selain Bukhary)

3. Bertasbih (subhaanallooh) سُبْحَانَ اللَّهُ  bertakbir (alloohu akbar)  اللَّهُ أَكْبَرُ dan bertahmid (alhamdulillaah)  الحَمْدُ لِلَّهِ bacalah masing masing sebanyak 33x

4. Doa meminta pengampunan dosa

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
{laa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariikalah lahul mulku walahulhamdu wahuwa 'alaa kulli syaiin qodiir)

5.  Berdoa Setelah Dzikir
Ada banyak sekali doa-doa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.  Dan semua doa itu sangat baik untuk dibaca setiap selesai shalat. Namun di sini hanya akan dituliskan beberapa doa saja.

اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ
(alloohumma laa mani'a limaa a'thoit walaa mu'tiya limaa mana'ta walaa yanfa'u dzaljaddi minkaljad)
“Ya Allah! Tidak ada siapa yang boleh menghalangi apa yang Engkau berikan, tidak ada siapa yang dapat memberi apa yang Engkau tegah dan tiada siapa yang berkuasa memberikan manfaat selain daripadaMu” (H.R. Bukhari-Muslim)

اللهم أعني على ذكرك وشكرك و حـسن عبادتك
“Ya Allah, bantulah saya untuk senantiasa berdzikir kepada-Mu, senantiasa mensyukuri ni’mat-Mu dan senantiasa membaguskan ibadah kepada-Mu.” (H.R. Ahmad, Abu Daud dan Nasai)
اللهم أجرني من النار (7×)
(alloohumma ajrinii minannaar)
“Ya Allah, lindungilah aku daripada api neraka) dibaca 7 kali tiap ba’da shalat (Maghrib dan Shubu) (H.R. Muslim)

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ  وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ  أرد إلى أرذل العمر
 وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدنباَ وَأَعُوذُ بِك مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sifat penakut dan aku berlindung kepada-Mu dari  mencapai umur yang suburuk-buruknya (kepikunan) dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia dan aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur.” (H.R. Bukhari dan Tirmidzy)

 اللهم إني أسألك علما نافعا ورزقا واسعا وعملا متقبلا
“Ya Allah, aku mohon kepada-Mu agar diberi ilmu yang manfaat, rezeki yang luas, dan amalan yang diterima.” (H.R. Ahmad, Ibnu Syaibah, dan Ibnu Majah)

Demikianlah beberapa kumpulan doa dan dzikir sesudah sholat fardu yang dapat saya berikan kepada anda, semoga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi anda semuanya, Terimakasih.

Advertisement